Kehilangan

Tanpa disadari kebanyakan orang, kita (mungkin) mengalami kehilangan-kehilangan kecil setiap harinya. Kehilangan waktu, kehilangan peluang, kehilangan pilihan, kehilangan mood, kehilangan selera dan kehilangan "kecil" lainnya tanpa disadari. Kita menganggap sepele kehilangan "kecil" itu, mungkin karena kita belum merasakan dampak kehilangan itu.
Untuk seseorang yang merasakan banyak kehilangan dalam hidupnya, saya masih juga belum terbiasa akan kehilangan-kehilangan yang terjadi dalam hidup saya. Ada banyak kehilangan besar yang saya alami beberapa waku belakangan. Kehilangan-kehilangan yang membuat perubahan nyata, entah saya sadari entah tidak. Perubahan yang berpengaruh terhadap banyak hal di dalam hidup saya, perubahan pada kehidupan yang saya jalani, pun perubahan pada diri saya.
Kehilangan bukan selalu berarti kosong. Kehilangan terkadang penggantian sesuatu atau seseorang di dalamnya. Mungkin terkadang kehilangan membuat kita measa hampa, tapi seringkali kehilangan membuat kita sadar bahwa yang tergenggam bisa saja terlepas kapan saja tanpa menunggu kita siap.
Kehilangan mengajarkan banyak hal bagi jiwa yang lapang menerima. Kehilangan merapuhkan bagi jiwa yang lemah. Kehilangan selalu menakutkan bagi setiap umat manusia. Tidak ada manusia yang benar-benar siap dengan kehilangan, terutama hatinya. Padahal semua tahu, bahwa hidup ini adalah titipan bukan mutlak milik kita.
Semoga hati kita selalu dilpangkan Allah untuk menerima setiap kehilangan yang hadir, tanpa penyesalan. Sebab hidup adalah kumpulan kehilangan, untuk menemukan...


Yours,
Dear Venus.

Rabu, 12 Desember 2018

Posting Komentar

Just leave a comment ^_^